Saturday, April 11, 2020

Real Teaching PPL , Mantapkan Calon Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris




Praktek Pengalaman Lapangan (PPL)
A. Pengertian

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh seluruh mahasiswa STKIP PGRI Nganjuk yang mengambil jurusan kependidikan. Dalam pelaksanaannya, mahasiswa melaksanakan tuga-tugas kependidikan, tenaga pendidik dalam hal ini guru yang meliputi kegiatan praktek mengajar atau kegiatan kependidikan lainnya. Hal tersebut dilaksanakan dalam rangka memberikan pengalaman nyata kepada mahasiswa agar dapat mempersiapkan diri sebaik-baiknya sebelum terjun ke dunia kependidikan sepenuhnya. Serta dapat memperluas wawasan, pelatihan dan pengembangan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, peningkatan keterampilan, kemandirian, tanggug jawab, dan kemampuan memecahkan masalah.
PPL yang dilaksanakan oleh mahasiswa meliputi praktik pembelajaran di kelas dan praktik persekolahan. Praktik pembelajaran di kelas adalah latihan melaksanakan kegiatan pembelajaran oleh mahasiswa di dalam kelas, yang dimulai dari penyusunan persiapan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran hingga evaluasi pembelajaran. Untuk itu, mahasiswa dituntut mampu menyusun persiapan pembelajaran, penguasaan materi yang diberikan, teknik penyajian, memiliki sikap dan gaya mengajar yang memadai, mengelola kelas dengan baik dan melakukan kegiatan evaluasi. Sedangkan praktik persekolahan adalah kegiatan persekolahan yang diprogramkan oleh panitia penyelenggara dan dipandu oleh pihak sekolah (kepala sekolah, guru pamong dan sebagainya) kepada mahasiswa praktikan, baik dalam bentuk tugas administrasi, bimbingan maupun tugas-tugas lain.
Ruang lingkup kegiatan PPL II meliputi: 1) Orientasi/pembekalan, 2) Observasi pembelajaran, 3) Praktik pembelajaran, 4) Praktik persekolahan, 5) Penyusunan laporan akhir PPL, 6) Ujian PPL . Waktu pelaksanaan PPL dilaksanakan sekali dalam satu tahun, PPL dilaksanakan pada lembaga pendidikan formal yang ada di Kabupaten Nganjuk yang meliputi SMA/MA/SMK. Sekolah dipilih dan ditetapkan sebagai tempat PPL berdasarkan pertimbangan kesesuaian dan kerjasama STKIP PGRI Nganjuk dengan sekolah tempat praktik
B.     Tujuan

Kegiatan PPL bertujuan untuk:
1) Melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman faktual tentang proses pembelajaran, yang selanjutnya dapat dipakai sebagai bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga pendidik yang profesional yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dalam profesinya.
2) Memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran dan administrasi sekolah untuk melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan/kependidikan.
3) Memberikan pengalaman kepada mahasiswa untuk mempelajari dan memahami serta menghayati seluk beluk lembaga pendidikan dengan segenap permasalahannya baik yang berkaitan` dengan proses pembelajaran maupun kegiatan administrasi dan pengelolaan sekolah.
4) Meningkatkan hubungan antara STKIP PGRI Nganjuk sebagai lembaga pendidikan tinggi dengan sekolah sebagai mitra.
C.     Target
Target yang ingin dicapai dalam PPL ini adalah terbentuknya pribadi calon guru yang memiliki kompetensi baik kompetensi pedagogi, kepribadian, profesional dan sosial. Dari keempat kompetensi tersebut dapat diperinci sebagai berikut:
Pertama, Kompetensi Pedagogi, yaitu kemampuan mengelola pembelajaran peserta didik yang meliputi pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya.
Kedua, Kompetensi Kepribadian, yaitu kompetensi yang berhubungan dengan kemampuan kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif dan berwibawa, menjadi teladan bagi peserta didik, dan berakhlak mulia.
Ketiga, Kompetensi Profesional, yaitu kompetensi yang merujuk pada kemampuan penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam yang memungkinkannya membimbing peserta didik yang memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan dalam Standar Nasional Pendidikan. Dalam kompetensi ini, target minimal yang harus dimiliki oleh mahasiswa praktikan setelah mereka melaksanakan PPL adalah: a) Memiliki penguasaan materi pembelajaran dalam bidang yang menjadi tugasnya. b) Memiliki kemampuan dalam menyusun program pembelajaran. c) Memiliki keterampilan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran.
Keempat, Kompetensi Sosial, yaitu kompetensi yang berhubungan dengan cara guru/calon guru menempatkan diri dalam lingkungannya dan cara menjalin hubungan dengan orang lain. Dalam kompetensi ini, target minimal yang harus dimiliki oleh para mahasiswa praktikan adalah mampu menjalin kerja sama dengan orang lain baik dengan pihak perguruan tinggi, sesama mahasiswa, sekolah, dan masyarakat.

D.    Manfaat

PPL membawa manfaat, diantaranya untuk mahasiswa, sekolah dan perguruan tinggi. Ketiganya apabila diperinci adalah sebagai berikut:
Pertama, Bagi mahasiswa, yakni 1) Memperdalam pengertian dan penghayatan mahasiswa tentang proses pendidikan di sekolah, 2) Memberikan keterampilan kepada mahasiswa untuk melaksanakan proses pembelajaran dan kegiatan administrasi di sekolah
Kedua, Bagi sekolah, yakni 1) Memperoleh kesempatan untuk ikut andil dalam menyiapkan calon guru/tenaga kependidikan yang kompeten. 2) Mendapatkan bantuan pemikiran, tenaga, ilmu dan teknologi dalam merencanakan serta melaksanakan pengembangan sekolah
Ketiga, Bagi Perguruan Tinggi, yakni 1) Memperoleh umpan balik dari pengalaman mahasiswa praktikan di sekolah sehingga kurikulum, materi kuliah, dan pengembangan IPTEK dapat lebih disesuaikan dengan tuntutan masyarakat pada umumnya dan perkembangan pendidikan khususnya. 2) Meningkatkan kerjasama dengan sekolah tempat praktik untuk pengembangan Tri Darma Perguruan Tinggi.

Dengan demikian, bekal sebagai calon Sarjana Pendidikan, mereka lebih siap untuk memenuhi tuntutan lapangan kerja. Kelak tidak hanya menjadi guru atau pengajar, Sarjana Pendidikan sekarang juga bisa menempuh pekerjaan selain di dunia pendidikan.


Disqus Comments