Wednesday, December 30, 2020

Apa itu Akreditasi? Bahasa Inggris Peroleh "Sangat Baik"



Akreditasi merupakan proses evaluasi dan penilaian secara komprehensif atas komitmen perguruaan tinggi terhadap mutu dan kapasitas penyelenggaraan Tridarma Perguruan Tinggi, untuk menentukan kelayakan program dan satuan pendidikan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Akreditasi juga diartikan sebuah upaya pemerintah untuk menstandarisasi dan menjamin mutu alumni perguruan tinggi sehingga kualitas lulusan antara perguruan tinggi tidak terlalu bervariasi dan sesuai kebutuhan kerja.
BAN PT adalah lembaga  yang memiliki kewenangan untuk mengevaluasi dan menilai, serta menetapkan status dan peringkat mutu institusi perguruan tinggi berdasarkan standar mutu yang telah ditetapkan. Tujuan dan manfaat akreditasi institusi perguruan tinggi adalah Memberikan jaminan bahwa institusi perguruan tinggi yang terakreditasi telah memenuhi standar mutu yang ditetapkan oleh BAN-PT, sehingga mampu memberikan perlindungan bagi masyarakat dari penyelenggara perguruan tinggi yang tidak memenuhi standar.
Pada tahun 2017 Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP PGRI Nganjuk meraih akreditasi B dengan nomor SK BAN PT No. 4826/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2017. Capaian hasil akreditasi ini pada hakikatnya adalah kesuksesan bersama segenap civitas akademika STKIP PGRI Nganjuk sekaligus tantangan bagi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris untuk dapat mejalankan amanat luhur ini.


Disqus Comments