Puji
syukur alhamdulillah kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala limpahan rahmatNya,
sehingga Tim Penyusun Laporan Evaluasi Diri (LED) Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP PGRI
Nganjuk dapat menyelesaikan Laporan Evaluasi Diri (LED), untuk permohonan
akreditasi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
ke Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK) untuk evaluasi data dan
informasi baik yang bersifat kualitatif maupun kuantitatif terkait mutu
penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, serta menentukan kelayakan Program
Studi Pendidikan Bahasa Inggris dalam menyelenggarakan pendidikan,
peningkatan mutu secara berkelanjutan dalam rangka membangun budaya mutu
sehingga masyarakat mengakui keunggulan dan ciri Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris.
Laporan Evaluasi
Diri (LED) ini terdiri atas tiga bagian, yaitu Profil Unit Pengelola Program
Studi (UPPS), Kriteria, dan Analisis Permasalahan dan Pengembangan Program
Studi (PS). Profil UPPS berisi 10 aspek, yaitu (1) identitas; (2) visi, misi,
tujuan, dan strategi pencapaiannya (VMTS); (3) dosen; (4) mahasiswa; (5)
keuangan; (6) sarana dan prasarana pembelajaran; (7) kerja sama yang relevan;
(8) Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI); (9) unggulan; dan (10) posisi daya
saing UPPS. Kriteria di LED terdiri atas (1) visi, misi, tujuan, dan strategi;
(2) tata pamong, tata kelola, dan kerja sama; (3) mahasiswa; (4) sumber daya
manusia; (5) keuangan, sarana, dan prasarana; (6) pendidikan; (7) penelitian;
(8) pengabdian kepada masyarakat; dan (9) keluaran dan capaian Tri Dharma.
Analisis
Permasalahan dan Pengembangan Program Studi dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu
(1) evaluasi capaian kinerja Program Studi, (2) permasalahan dan pemecahan
praktis, dan (3) program pengembangan. Meskipun kami menyadari bahwa penyusunan Laporan Evaluasi Diri (LED) ini
masih memiliki beberapa kekurangan, kami
percaya bahwa LED ini dapat memberikan kontribusi yang berarti bagi perbaikan
dan pengembangan lebih lanjut Program
Studi Pendidikan Bahasa Inggris di masa yang akan datang.
Kami berterima
kasih kepada
seluruh tim Akreditasi,
mahasiswa dan alumni Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, serta
semua pihak yang telah berkontribusi dalam proses pelaksanaan Re-Akreditasi Pendidikan Bahasa Inggris sehingga mendapat predikat BAIK SEKALI setelah Asesmen Lapangan pada 13-14 Oktober 2022 secara daring oleh Asesor Dr. Moh Farhan dari Universitas Syarif Hidayatullah Jakarta dan Dr Daniel Ginting dari Universitas MaChung Malang.