Wednesday, November 30, 2022

Baik Sekali!! Spektakuler PBI Raih Akreditasi Terbaru sampai 2027


Puji syukur alhamdulillah kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala limpahan rahmatNya, sehingga Tim Penyusun Laporan Evaluasi Diri (LED) Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP PGRI Nganjuk dapat menyelesaikan Laporan Evaluasi Diri (LED), untuk permohonan akreditasi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris ke Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK) untuk evaluasi data dan informasi baik yang bersifat kualitatif maupun kuantitatif terkait mutu penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, serta menentukan kelayakan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dalam menyelenggarakan pendidikan, peningkatan mutu secara berkelanjutan dalam rangka membangun budaya mutu sehingga masyarakat mengakui keunggulan dan ciri Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. 

Laporan Evaluasi Diri (LED) ini terdiri atas tiga bagian, yaitu Profil Unit Pengelola Program Studi (UPPS), Kriteria, dan Analisis Permasalahan dan Pengembangan Program Studi (PS). Profil UPPS berisi 10 aspek, yaitu (1) identitas; (2) visi, misi, tujuan, dan strategi pencapaiannya (VMTS); (3) dosen; (4) mahasiswa; (5) keuangan; (6) sarana dan prasarana pembelajaran; (7) kerja sama yang relevan; (8) Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI); (9) unggulan; dan (10) posisi daya saing UPPS. Kriteria di LED terdiri atas (1) visi, misi, tujuan, dan strategi; (2) tata pamong, tata kelola, dan kerja sama; (3) mahasiswa; (4) sumber daya manusia; (5) keuangan, sarana, dan prasarana; (6) pendidikan; (7) penelitian; (8) pengabdian kepada masyarakat; dan (9) keluaran dan capaian Tri Dharma.

Analisis Permasalahan dan Pengembangan Program Studi dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu (1) evaluasi capaian kinerja Program Studi, (2) permasalahan dan pemecahan praktis, dan (3) program pengembangan. Meskipun kami menyadari bahwa  penyusunan Laporan Evaluasi Diri (LED) ini masih memiliki beberapa kekurangan,  kami percaya bahwa LED ini dapat memberikan kontribusi yang berarti bagi perbaikan dan pengembangan lebih lanjut Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di masa yang akan datang.

Kami berterima kasih kepada seluruh tim Akreditasi, mahasiswa dan  alumni Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, serta semua pihak yang telah berkontribusi dalam proses pelaksanaan Re-Akreditasi Pendidikan Bahasa Inggris sehingga mendapat predikat BAIK SEKALI setelah Asesmen Lapangan pada 13-14 Oktober 2022 secara daring oleh Asesor Dr. Moh Farhan dari Universitas Syarif Hidayatullah Jakarta dan Dr Daniel Ginting dari Universitas MaChung Malang. 


 

Disqus Comments