Sunday, April 19, 2020

Rekrutmen Mahasiswa Baru STKIP PGRI Nganjuk Tembus Lintas Wilayah


 Penerimaan Mahasiswa Baru di STKIP PGRI Nganjuk diadakan setiap tahun yaitu pada awal bulan Pebruari sampai dengan akhir SeptemberKetua membentuk Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) yang anggotanya terdiri Wakil Ketua, Ketua Program Studi, ditambah Kepala Unit-unit,  BAAK, BAUK, dan dosen.
Rekrutmen calon mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP PGRI Nganjuk  dilakukan sebagai bagian dari aktivitas rekrutmen dan seleksi calon mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP PGRI Nganjuk. Rekrutmen dilakukan melalui leaflet yang dikirimkan ke berbagai SMA/SMK/MA di Kabupaten Nganjuk, Kediri, JombangMadiun Jawa Timur, serta melalui web STKIP PGRI Nganjuk (www.stkipnganjuk.ac.id), medsos, web program studi Pendidikan Bahasa Inggris (www.inggris.stkipnganjuk.ac.id) dan lain sebagainya. Di samping itu pengenalan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris diinformasikan kepada calon mahasiswa melalui Turba Info Studi STKIP PGRI Nganjuk ke berbagai SMA/ SMK/ MA dan sederajat, siaran radio kampus Spring Fm 104,9 FM serta dengan cara mengadakan kegiatan festival band antar SMA/SMK/MA  dan sederajat tingkat Jawa Timur, berpartisipasi dalam pelaksanaan Bedah Kampus yang dilaksanakan oleh Kemangi (Paguyuban Mahasiswa Nganjuk) yang diikuti oleh Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta dan mengadakan Olympiade Bahasa Inggris Tingkat   SMA/SMK/MA dan sederajat.

Mekanisme  penerimaan mahasiswa baru dan strategi promosi diputuskan melalui rapat-rapat di tingkat kampus. Peran program studi sangat penting dalam menentukan daya tampung dan penyediaan soal untuk tes mahasiswa. Disamping itu Program Studi juga diberi kesempatan untuk ikut mempromosikan program studinya kepada calon mahasiswa.
Kegiatan tahunan yang dilakukan oleh Program studi pendidikan bahasa Inggris adalah sosialisasi dan promosi yang dilakukan oleh mahasiswa program studi pendidikan bahasa Inggris ke daerah asalnya, terutama promosi ke sekolah asalnya pada saat liburan semester yaitu pada bulan Februari. Dengan program ini diharapkan siswa SMA, SMK, MA, dan sederajat tertarik masuk pada program studi pendidikan bahasa Inggris karena dipromosikan oleh alumni SMA, SMK, MA, dan sederajat tersebut.
Input mahasiswa  baru Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris berasal dari lulusan SMA, SMK, MA, dan sederajat melalui sistem seleksi yang terpusat. Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru yang dibentuk melalui SK Ketua sesuai Buku Pedoman Akademik. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris juga menerima mahasiswa pindahan atau transfer dari perguruan tinggi lain sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
Penerimaan mahasiswa baru yang pada saat ini telah dilakukan, dinilai telah terlaksana dengan baik, dan sesuai dengan program kerja yang telah ditetapkan. Ke depan telah direncanakan dengan melakukan kerjasama dengan instansi lain dalam hal penerimaan mahasiswa baru. Setiap tahun dilakukan satu kali rekrutmen mahasiswa,  yaitu antara bulan Pebruari sampai dengan Agustus.
Secara sederhana sistem rekrutmen dapat dikelompokkan menjadi 2, yaitu:
a. Jalur Penelusuran Minat dan Bakat (Prestasi)
Melalui model ini calon mahasiswa baru disaring berdasarkan minat, bakat, dan prestasinya saat di SMA/MA/SMK/sederajat tanpa melalui tes masuk, tetapi cukup menunjukkan bukti capaian prestasinya. Syarat-syaratnya sebagai berikut:
1)     Menduduki peringkat 1-5 di kelas XII Semester I dan dilampiri surat keterangan dari kepala sekolah yang bersangkutan.
2)     Berprestasi di bidang ekstra kurikuler di tingkat kota/kabupaten dengan menunjukkan fotokopi piagam yang telah dilegalisir oleh kepala sekolah yang bersangkutan.
3)     Mengisi blanko pendaftaran dilampiri  fotokopi raport kelas 1, kelas 2, dan kelas 3 Semester I yang dilegalisir.
4)     Membayar biaya pendaftaran (bagi yang diterima).

b. Jalur Tes Akademis
Jalur ini dilakukan melalui Tes Potensi Akademik (TPA) yang meliputi tes logika dan penalaran untuk menguji kemampuan verbal dan kemampuan dasar yang mengarah kepada penggalian kepribadian calon mahasiswa. Juga dilakukan ujian akademik meliputi Tes Potensi Akademik dan  Bahasa Inggris. Sistem penerimaan mahasiswa baru dilakukan secara on line dan one day service, tes  dilaksanakan setiap saat setelah calon mahasiswa mendaftar dan hasil ujian langsung dapat diketahui saat itu juga.



Disqus Comments