Monday, April 23, 2018

Sejarah Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, 30 tahun Berdiri Berprestaasi


Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Nganjuk mendapat Surat Keputusan Pendirian Program Studi pada 31 Januari 1990 dengan nnomor 082/O/1990 secara resmi. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris adalah salah satu program studi yang ada di STKIP PGRI NGANJUK memiliki peranyang signifikan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan membangun masyarakat yang sejahtera. Sebagaimana tertuang dalam UU No. 14 Tahun 2005, Pasal 1 Ayat 14, Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan adalah Perguruan tinggi yang diberi tugas oleh Pemerintah untuk menyelenggarakan program pengadaan guru pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan/atau pendidikan menengah, serta untuk menyelenggarakan dan mengembangkan ilmu kependidikan dan nonkependidikan. 
Untuk menghasilkan lulusan baik bidang pendidikan yang berkualitas, kurikulum merupakan salah satu instrumen penting dalam proses pendidikan. Sebagaimana tertuang dalam UndangUndang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, kurikulum pendidikan tinggi merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan ajar serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan Pendidikan Tinggi. Dengan demikian tercapai tidaknya tujuan pendidikan akan sangat tergantung dari kurikulum yang diterapkan.  Selaras dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni serta tuntutan ke depan yang makin kompleks, diperlukan suatu sistem kurikulum yang adaptif dan antisipatif terhadap tuntutan zaman, namun demikian mudah diimplementasikan dalam praksis kependidikan. 
Terbuka untuk umum bagi pebelajar yang telah menyadari kebutuhan dunia global terhadap komunikasi bahasa asing internasional Bahasa Inggris yang telah dipakai oleh 2/3 negara di dunia. Karena Prodi Pendidikan Bahsa Inggris juga mengajarkan ilmu-ilmu praktik langsung dengan native speaker, sehingga mahasiswa nantinya akan mempunyai keberanian dan pengalaman tersendiri tentang berbahasa Inggris sehingga akan lebih mudah mendapat pekerjaan di segala rumpun bidang keilmuan. 
Disqus Comments