Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris tentgu saja tak mau tetinggal dalam berlomba menciptakan out put atau lulusan yang unggul dalam segala bidang dunia kerja. Maka dari itu pihak Program Studi (Prodi) telah merumuskan kompetensi dan profil lulusan Pendidikan Bahasa Inggris adalah sebagai berikut :
Kompetensi Lulusan
Sesuai
dengan tujuan tersebut setiap lulusan prodi S1 Pendidikan Bahasa Inggris
diharapkan memiliki kompetensi yang
terdiri dari:
1. Mampu
menguasai materi pendidikan Bahasa Inggris yang mengacu pada format kurikulum
dan perkembangan IPTEK.
2. Mampu
menerapkan metode mengajar di bidang Bahasa Inggris
yang sesuai dengan tingkat penyerapan anak didik baik di sekolah-sekolah formal
maupun non formal.
3. Mampu
membentuk kepribadian anak didik sesuai dengan tuntutan profesi keguruan di
bidang pendidikan.
4. Mampu
bersaing secara profesional dengan
lulusan non kependidikan, berdasarkan teori dan
praktek yang telah diperoleh
selama perkuliahan.
5. Mampu
merencanakan, melaksanakan, mengendalikan dan menilai penyelenggaraan program pengajaran, penelitian dan
pengabdian pada masyarakat.
6. Profil
Lulusan
Profil
lulusan prodi Pendidikan Bahasa Inggris S1 ditentukan melalui mekanisme
penggabungan visi akademik
yang
dilakukan dengan analisis SWOT (Strengths, weakness, oportunities, dan threats) dan
analisis
kebutuhan pasar melalui tracer study
kepada alumni dan juga masukan dari asosiasi profesi, pihak stakeholder dan
masyarakat (wali mahasiswa). Sehingga lulusan prodi Pendidikan Bahasa Inggris
S1 diharapkan akan menjadi:
a.
Perencana dan pelaksana pendidikan Bahasa Inggris.
(Mampu
merencanakan, melaksanakan dan melakukan evaluasi pendidikan berdasarkan
keilmuan pendidikan Bahasa Inggris.)
b.
Pengembang Kurikulum dan bahan ajar bahasa Inggris
(Mampu menguasai
dan mengembangkan kurikulum pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan
ajar, media dan sumber belajar pada pengajaran bahasa Inggris.)
c.
Peneliti
(Peneliti yang dapat
memecahkan permasalahan pembelajaran pada bahasa Inggris secara inter dan multi
disiplin baik pada tingkat satuan pendidikan maupu pada tingkat daerah nasional
serta mampu menghasilkan inovasi pembelajaran yang teruji untuk peningkatan
mutu pendidikan pada bahasa Inggris.)
d.
Wirausaha Pendidikan (Edupreneurship)
(Menjadi wirausahawan di bidang pendidikan yang mampu
membuka peluang usaha kerja untuk orang lain, terutama di bidang Pendidikan
Bahasa Inggris, maupun di bidang pendidikan yang lainnya, sehingga ikut
mencerdaskan anak bangsa sekaligus membuka wawasan global yang mendunia)Demikian tentu pembaca tak mau kehilangan kesempatan meraih kesuksesan masa depan, segera bergabung di Prodi Pendidikan Bahasa Inggris yang selalu dibutuhkan di semua pasar pekerjaan.