Sunday, December 13, 2020

Visi Misi PBI Tetap Mantap Dicapai sampai 2025

 

Pengembangan potensi setiap sivitas akademika Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris menuju pada tahap unggul sesuai yang tertulis pada Statuta STKIP PGRI Nganjuk yang dijabarkan melalui Renstra STKIP PGRI Nganjuk merupakan hal dilakukan secara terus menerus. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris menyusun VMTS secara kreatif dan inisiatif dengan mengundang pihak internal maupun eksternal kampus, seperti Pengurus YPLP-PT PGRI Nganjuk, Pimpinan STKIP PGRI Nganjuk, Ketua Program Studi, Kepala Unit, Dosen, Tenaga Kependidikan, Ahli dan Pakar Pendidikan, serta stakeholders yang kompeten dan relevan dengan bidang Bahasa Inggris.



Berdasarkan hasil analisa tracer study, diskusi dengan stakeholder, visi dan misi program studi serta Asosiasi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (APSPBI) maka ditetapkan profil lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Profil lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris adalah sebagai perencana dan pelaksana pendidikan Bahasa Inggris; Pengembang Kurikulum dan bahan ajar Bahasa Inggris; Peneliti Pendidikan Bahasa Inggris, dan sebagai Wirausaha Pendidikan (Edupreneurship). kemudian dirumuskan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang memuat komponen Sikap (S), Keterampilan Umum (KU), Keterampilan Khusus (KK) dan Penguasaan Pengetahuan (PP). Rumusan komponen sikap (S) didasarkan pada Undang-Undang No.12 tahun 2012 tentang Sistem Pendidikan Tinggi yang dijabarkan Permenristekdikti No. 44 tahun 2015. Rumusan komponen Keterampilan Umum (KU) disusun berdasarkan Peraturan Pemerintah No.8 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) untuk level-6 dan SN-DIKTI, sedangkan penyusunan kompenen Keterampilan Khusus (KK) dan Penguasaan Pengetahuan (PP) ditetapkan berdasarkan Permendikbud No.16 tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru, dan dokumen Asosiasi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (APSPBI).

Visi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dirumuskan selaras dengan VMTS STKIP PGRI Nganjuk, maka VMTS Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris secara imperative harus konsisten dengan lembaga yang menaunginya. Visi STKIP PGRI Nganjuk adalah “Unggul dalam menghasilkan lulusan yang terampil dalam mendidik, profesional dan berkarakter pada tahun 2025”.

Visi STKIP PGRI Nganjuk dijadikan dasar peninjauan untuk merumuskan visi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris yaitu: ’’Unggul dalam pengembangan Pendidikan Bahasa Inggris untuk menghasilkan lulusan yang terampil dalam mendidik, profesional, dan berkarakter pada tahun 2025”.

Untuk pemangku kepentingan eksternal, sosialisasi dilakukan melalui program Pengabdian kepada Masyarakat. Sosialisasi dilakukan melalui media website STKIP PGRI Nganjuk yaitu http://www.stkipnganjuk.ac.id. Forum sosialisasi lain melalui pameran edukasi yang dikoordinasi oleh Sekolah Tinggi di setiap kegiatan yang diselenggarakan. STKIP PGRI Nganjuk mengadakan lokakarya dengan stakeholders yang merupakan media komunikasi antara Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dengan para pemangku kepentingan skala kampus. Media ini digunakan untuk mendapatkan input dari stakeholders terkait dengan dinamika yang terjadi dalam dunia pendidikan dan kompetensi yang dibutuhkan dalam dunia kerja  sebagai profil lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris.


Disqus Comments