Pengembangan
potensi setiap sivitas akademika Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris menuju
pada tahap unggul sesuai yang tertulis pada Statuta STKIP PGRI Nganjuk yang dijabarkan
melalui Renstra STKIP PGRI Nganjuk merupakan hal dilakukan secara terus menerus.
Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris menyusun VMTS secara kreatif dan inisiatif
dengan mengundang pihak internal maupun eksternal kampus, seperti Pengurus YPLP-PT PGRI Nganjuk,
Pimpinan STKIP PGRI Nganjuk, Ketua Program Studi, Kepala Unit, Dosen, Tenaga
Kependidikan, Ahli dan Pakar Pendidikan, serta stakeholders yang kompeten
dan relevan dengan bidang Bahasa Inggris.
Berdasarkan hasil
analisa tracer study, diskusi
dengan stakeholder, visi dan misi program studi serta Asosiasi Program
Studi Pendidikan Bahasa Inggris (APSPBI) maka ditetapkan
profil lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Profil lulusan
Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris adalah sebagai perencana dan pelaksana
pendidikan Bahasa Inggris; Pengembang Kurikulum dan bahan ajar Bahasa Inggris; Peneliti
Pendidikan Bahasa Inggris, dan sebagai Wirausaha Pendidikan (Edupreneurship). kemudian
dirumuskan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang memuat komponen Sikap (S), Keterampilan Umum (KU), Keterampilan Khusus (KK) dan Penguasaan Pengetahuan (PP). Rumusan komponen sikap (S) didasarkan pada Undang-Undang No.12 tahun 2012 tentang Sistem Pendidikan Tinggi yang
dijabarkan Permenristekdikti No. 44
tahun 2015. Rumusan komponen Keterampilan Umum (KU)
disusun berdasarkan Peraturan
Pemerintah No.8 tahun 2012 tentang
Kerangka Kualifikasi
Nasional Indonesia (KKNI) untuk level-6 dan SN-DIKTI, sedangkan
penyusunan kompenen Keterampilan Khusus (KK) dan Penguasaan Pengetahuan (PP) ditetapkan berdasarkan Permendikbud No.16 tahun 2007 tentang Standar
Kualifikasi Akademik dan
Kompetensi Guru, dan dokumen Asosiasi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (APSPBI).
Visi Program
Studi Pendidikan Bahasa Inggris dirumuskan selaras dengan VMTS STKIP PGRI
Nganjuk, maka VMTS Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris secara imperative harus konsisten dengan
lembaga yang menaunginya. Visi STKIP PGRI Nganjuk adalah “Unggul dalam
menghasilkan lulusan yang terampil dalam mendidik, profesional dan berkarakter
pada tahun 2025”.
Visi STKIP PGRI
Nganjuk dijadikan dasar peninjauan untuk merumuskan visi Program Studi Pendidikan
Bahasa Inggris yaitu: ’’Unggul dalam pengembangan Pendidikan Bahasa Inggris untuk
menghasilkan lulusan yang terampil dalam mendidik, profesional, dan berkarakter
pada tahun 2025”.
Untuk pemangku kepentingan eksternal, sosialisasi
dilakukan melalui
program Pengabdian kepada Masyarakat. Sosialisasi dilakukan melalui media website STKIP PGRI Nganjuk yaitu http://www.stkipnganjuk.ac.id. Forum sosialisasi lain melalui pameran edukasi yang
dikoordinasi oleh Sekolah Tinggi di setiap kegiatan yang diselenggarakan. STKIP PGRI Nganjuk mengadakan lokakarya dengan stakeholders yang merupakan media komunikasi antara Program Studi
Pendidikan Bahasa Inggris dengan para pemangku
kepentingan skala kampus. Media ini digunakan untuk
mendapatkan input dari stakeholders terkait dengan dinamika
yang terjadi dalam dunia pendidikan dan kompetensi yang dibutuhkan dalam dunia
kerja sebagai profil lulusan Program
Studi Pendidikan Bahasa Inggris.