Friday, April 3, 2020

Raih Kesempatanmu, Dapatkan Beasiswa Bidik Misi!





Apakah Bidikmisi Itu ?

Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan dari pemerintah bagi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menegan Kejuruan (SMK) atau sederajat yang memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi. Berbeda dari beasiswa yang berfokus pada memberikan penghargaan atau dukungan dana terhadap mereka yang berprestasi (lihat penjelasan Pasal 76 UU No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi).
Walaupun demikian, syarat prestasi pada bidikmisi ditujukan untuk menjamin bahwa penerima bidikmisi terseleksi dari yang benar benar mempunyai potensi dan kemauan untuk menyelesaikan pendidikan tinggi.

Bagaimanakah cara mendapatkannya?
STKIP PGRI Nganjuk kini juga membuka beasiswa bidikmisi. Beasiswa Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan dari pemerintah Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal pendidikan tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk calon mahasiswa yang tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik baik untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi pada program studi unggulan sampai lulus tepat waktu. Program ini diselenggarakan sejak tahun 2010, bantuan biaya pendidikan diberikan sejak calon mahasiswa dinyatakan diterima di perguruan tinggi selama 8 semester untuk program Diploma 4 dan S1 dan selama 6 semester untuk program Diploma 3 beasiswa. Bidikmisi ini berupa pembebasan dari seluruh biaya pendidikan selama di perguruan tinggi baik uang pangkal maupun SPP perbulan, Selain itu mahasiswa penerima beasiswa juga menerima uang saku untuk biaya kuliah yang akan diterima setiap 6 bulan sekali. Meskipun mahasiswa Bidikmisi dari kalangan kurang mampu, tapi prestasi mereka selalu tinggi menurut data dari Direktorat Jenderal pembelajaran dan kemahasiswaan lebih dari 51% mahasiswa Bidikmisi mempunyai indeks prestasi kumulatif dalam kurung IPK 3 sampai 3,5 28% meraih IPK 3,5 dan 0,7% bisa mencapai IPK 4 Selain itu banyak mahasiswa Bidikmisi yang terpilih dalam program pertukaran pelajar ke luar negeri atau menjadi delegasi lomba berkelas dunia.
Menteri Dikbud menyampaikan beasiswa Bidikmisi memang dibuat agar mahasiswa terpacu untuk mencapai impiannya. Mereka yang datang dari kalangan tidak mampu akan berusaha sebaik mungkin mengubah nasib keluarga. Oleh karena itu, salah satu persyaratan yang paling penting dalam program beasiswa Bidikmisi adalah rekomendasi sekolah yang menyatakan bahwa siswa berprestasi secara akademik.
Syarat umum untuk mendaftar program beasiswa Bidikmisi:
1. Siswa SMA SMK MA atau bentuk lain yang sederajat
2. Lulusan tahun sebelumnya yang bukan penerima Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru di masing-masing perguruan tinggi.
3. Usia paling tinggi pada saat mendaftar adalah 21 tahun
4. Tidak mampu secara ekonomi dengan kriteria:
 a. Siswa penerima beasiswa siswa miskin (BSM) atau pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau sejenisnya
b. Pendapatan kotor gabungan orang tua/wali suami dan istri maksimal sebesar Rp3.000.000 perbulan atau pendapatan kotor gabungan dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp750.000 setiap bulannya
5.  Pendidikan orang tua atau wali setinggi-tingginya S1 atau Diploma 4
6. Memiliki potensi akademik baik berdasarkan rekomendasi objektif dan akurat dari kepala sekolah

Yuk persiapkan diri sebaik-baiknya sejak dari bangku sekolah untuk daftat di STKIP PGRI NGANJUK dan dapatkan beasiswa Bidik Misi.

Disqus Comments